Kelebihan Dan Kekurangan Investasi Properti

Investasi properti saat ini masih merupakan idola bagi para investor. Karena jenis Investasi properti ini lebih bersifat sustainable, atau bisa bertahan hingga jangka waktu yang relatif panjang.
Jenis investasi properti juga potensial. Mengapa potensial? Salah satu alasannya adalah harga properti yang cenderung selalu naik merupakan keuntungan bagi para investor. Properti yang dimaksud disini berupa tanah, rumah atau apartemen. 


Ini Propertiku
Pasar properti Indonesia sampai dengan hari ini memang masih cukup menggiurkan. Sedangkan pemainnya masih didominasi oleh pengusaha properti lokal. Selain itu, aliran dana asing juga cenderung mengalir deras ke pasar properti nasional. 
Melihat prospek yang begitu menjanjikan di bisnis properti ini, pihak Bank juga memiliki produk properti yakni Kredit Pemilikan Apartemen dan Kredit Kepemilikan Rumah (KPA / KPR). 

Investasi properti memang menjanjikan keuntungan, namun para investor juga sebaiknya harus jeli dalam melihat kelebihan dan kekurangan investasi properti miliknya. Setidaknya ada beberapa keuntungan dari investasi properti, yaitu jika dibandingkan dengan instrumen investasi finansial yang nilainya sangat fluktuatif dipengaruhi oleh situasi ekonomi politik, tingkat inflasi dan suku bunga, Investasi di bidang properti walaupun juga terpengaruh faktor luar, tetapi perubahannya tidak akan terlalu cepat. 


Lalu , tidak seperti investasi lain yang akan sangat bergantung pada seberapa banyak uang tunai yang Anda miliki, investasi properti dapat dilakukan dengan membayar uang muka saja sekitar 20-30% dari harga propertinya. Kemudian sisanya dapat dibiayai melalui pinjaman ke bank. 


Dalam berinvestasi di properti juga bisa menghasilkan passive income yaitu dengan cara disewakan atau dikontrakkan dengan harga sewa yang lebih kompetitif kepada pihak yang membutuhkannya, dari hasil uang sewa, Anda dapat memperoleh arus kas rutin sebagai pemasukan untuk menjamin kestabilan finansial Anda. 

Semakin banyak properti yang Anda miliki maka akan semakin besar pula arus kas yang akan Anda terima. 

Tidak hanya itu, selain resiko yang ditanggung lebih kecil dibandingkan dengan jenis investasi yang lain, investasi property cukup memberikan laba dan keuntungan yang cukup besar. Luke Rowe dari Jones Lang Lasell Indonesia mengatakan bahwa harga beli properti perumahan dan apartemen berkisar pada Harga Rp.1.800.000.000 - 2.300.000.000 dapat disewakan dengan rentang penghasilan antara Rp.20.000.000 - 25.000.000 perbulannya. Belum lagi dengan tingkat okupansi properti komersil seperti gedung-gedung perkantoran di Jakarta mencapai 90% yang menyebabkan harga sewa melonjak naik dengan cepat. 


Meskipun kelebihan berinvestasi di properti sangat banyak, ternyata berinvestasi di properti juga memiliki beberapa resiko seperti dana yang diperlukan cukup besar, likuiditas yang rendah, memerlukan perhatian berupa perawatan yang serius agar harga tidak turun. Lalu kekurangan lainnya dari investasi ini adalah regulasi pemerintah yang cukup berbelit-belit, mulai dari dilakukannya transaksi jual beli melalui peraturan perpajakan, tata kota dan ruang, hingga proses perijinan yang ketat. 


Dan ada dua hal lagi yang membuat properti memiliki resiko besar, yakni kondisi pasar properti jatuh (crash property) dan peristiwa diluar kendali seperti bencana alam. Sehingga bukan tidak mungkin para investor akan mengalami apa yang namanya kebangkrutan. (neraca.co.id)


--------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Artikel terkait tips investasi properti lainnya silahkan baca Lima Alasan Kenapa Properti Masih Menjadi Pilihan Utama Berinvestasi.


Jika anda butuh info workshop belajar menjadi investor properti sampai mahir yang kebetulan di pandu oleh mentor bapak Joe Hartanto, anda bisa mendaftar atau melihat jadwal workshop terdekat di www.propertycashmachine.com.

Untuk yang ingin belajar investasi property secara online silahkan mendaftar di www.propertycashmachine.com/e-learning.

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika anda berminat dengan waralaba masakan Jepang Okonomiyaki & Takoyaki silahkan pelajari info lengkapnya DISINI.

7 komentar:

  • thousand faces says:
    19 Juni 2013 pukul 00.48

    Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.
    salam kenal dari saya Bisnis Investasi Properti

  • Gufron Hakim says:
    7 September 2013 pukul 22.58

    Salam kenal. Ada Tanah sertifikat di jual cocok buat bisnis kontrakan ataupun gudang luas 600m2 harga murah lokasi di setu lubang buaya bekasi dekat dengan kawasan industri mm2100 cibitung bekasi dekat juga dengan kalimalang bekasi.
    Kunjungi www.deketmm2100.blogspot.com

  • Unknown says:
    18 Februari 2014 pukul 23.01

    Investasi properti itu menguntungkan tergantung lokasi, tipe propertinya, sama konsep, kalau dah expert bisa memperhitungkan kapan beli properti tersebut, bagaimana cara bayarnya, besaran ROI, serta kapan lagi kalau harus ngejual & hold.

    salam,
    RIFKI
    www.info-condotel.blogspot.com

  • Unknown says:
    17 Februari 2015 pukul 20.13

    Investasi memang memberikan untung yang besar namun juga memiliki risiko yang besar salah satunya di bidang property maka risikonya adalah susah likuid/ dicairkan menjadi uang.
    pojokinvestasi.com

  • Rudysandiegohills says:
    28 Oktober 2015 pukul 22.23

    Buat yang berminat investasi lahan di sandiegohills memorial park.."siapkan yang terbaik buat orang yang anda sayangi",info lanjut kunjungi www.managersandiegohills.com

  • Renaldi says:
    23 September 2016 pukul 04.26

    Mau investasi apartemen dan nyaman untuk di jadikan tempat tinggal di daerah pusat kota jakarta? Ya green pramuka city lah solusinya! Baca artikel reviewnya Green Pramuka City Hunian Strategis dan Nyaman di Pusat Kota di http://renseo.blogspot.com/2016/06/Green-Pramuka-City-Hunian-Strategis-dan-Nyaman-di-Pusat-Kota.html

  • Amisha says:
    30 Januari 2018 pukul 13.29

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzaninvestment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah Indonesia (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 72 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga dapat menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

Posting Komentar