Tips Sukses Ala Robert T.Kiyosaki


Berikut Tips Sukses Ala Robert T.Kiyosaki :

UANG BEKERJA UNTUK KITA
Orang kaya tidak bekerja untuk uang , melainkan uang bekerja untuk dirinya.  Caranya dengan melihat apa yang tidak pernah dilihat orang lain. 

Contoh :  
Waktu itu robert masih bekerja di toko Bu Martin. Robert punya ide untuk membuat perpustakaan buku komik bersama Mike . Buku-bukunya didapat dari distributor buku. Tempatnya terletak di basement kosong punya ibu Mike yang tidak digunakan. Perpustakaan ini dibuka pulul 2.30 – 4.30. Agar bisa asyik membaca komik yang ada disana, Anak-anak  harus membayar  10 sen untuk setiap buku komik yang dibacanya.. Perpustakaan ini dikelola oleh adik Mike yang digaji 1 dollar seminggu. Robert dan Mike dapat 9,50 dollar seminggu. Robert masih bekerja di toko Bu Martin. Dengan mempercayakan  bisnis yang dikelola orang lain tanpa kehadiran robert, maka robert  bisa punya uang sendiri, tidak tergantung pada uang majikan. Bisnis perpustakaan buku komik menghasilkan uang  untuk robert dan mike. Ini berarti uang bekerja untuk mereka.

HARUS MELEK FINANSIAL
Orang harus melek finansial. Memiliki uang tanpa kecerdasan finansial akan membuat uang itu cepat habis. Kebanyakan orang tidak  menyadari bahwa yang penting dalam hidup bukanlah berapa banyak uang  yang bisa anda hasilkan, tetapi  berapa banyak uang yang bisa disimpan Penyebab kesulitan finansial karena kita tidak tahu perbedaan  antara aset dan liabilitas. 
Aset adalah sesuatu yang menghasilkan uang ke kantong kita, sementara liabilitas  adalah sesuatu yang menghabiskan uang di kantong kita. 
Aset contohnya : tanah, saham , deposito dan lain-lain.  Liabilitas contohnya : makan –minum, sewa rumah, pakaian, belanja, nonton dan lain-lain. Jika ingin kaya, habiskan hidup anda untuk membeli aset. Kalau ingin miskin, habiskan hidup anda dengan membeli liabilitas.

BERINVESTASILAH DALAM PENDIDIKAN
Kebanyakan orang  berinvesatasi dengan membeli barang-barang.  90 persen orang membeli tv dan hanya 10 persen saja untuk membeli buku tentang bisnis dan kaset-kaset investasi. Robert berinvestasi dengan ikut seminar. Di tahun 1973 muncul iklan seminar tiga hari tentang cara membeli real estate  tanpa uang muka sama sekali. Robert membayar 385 dollar dan seminar itu  menghasilkan 2 juta dollar buat Robert.  Dengan seminar itu robert tidak harus bekerja selama hidupnya.

MEMILIH TEMAN
Robert memilih teman bukan karena duit mereka, melainkan berteman untuk mendapatkan pengetahuan mereka. Robert berteman dengan orang yang jago mengelola keuangan. Dengan begitu dia mendapatkan pengetahuan tentang cara berinvesatsi yang baik. Yang harus dilakukan dan yang tak boleh dilakukan ketika berinvestasi.

BAYARLAH DIRI ANDA LEBIH DAHULU
Kebanyakan orang setelah mendapatkan uang langsung dihabiskan untuk belanja, makan-makan, liburan atau membayar hutang. Orang yang membayar terlebih dahulu adalah orang yang memasukkan uangnya untuk tabungan, deposito dan lain-lain investasi . Orang yang ingin kaya jangan terjebak dalam hutang yang besar. Jagalah pengeluaran anda tetap rendah. Bangunlah aset terlebih dahulu, baru beli rumah atau mobil baru. Jika kekurangan uang jangan pakai tabungan atau investasi anda. Gunakanlah otak anda untuk menghasilkan uang lebih banyak. Kepada karyawan disarankan  mengambil kerja sampingan seperti gabung dengan MLM. Disana Anda akan belajar  keterampilan penjualan juga bisa mengikuti pelatihan untuk mengatasi rasa takut akan kagagalan dan penolakan dari orang-orang yang ditawari produk kita.

MENEMUKAN ASET YANG MENGUNTUNGKAN
Ini bisa kita lakukan ketika sedang berlari, berjalan atau bersepeda di wilayah tertentu. Robert menemukan investasi real estate terbaiknya sewaktu berlari. Robert menemukan dan mencari perubahan pada aset yang dia temukan itu. Karena untuk mendapatkan untung dalam transaksi harus ada elemen harga murah dan perubahan. Ada banyak harga murah, tetapi perubahanlah yang mengubah suatu harga yang murah menjadi peluang yang menguntungkan. 
Contoh: kita membeli tanah dengan harga murah di satu tempat. Kita harus tahu bahwa tempat itu satu waktu menjadi perumahan mewah atau dibangun mall megah misalnya. Maka tanah murah tadi berubah menjadi tanah berharga tinggi  di kemudian hari. Ini jelas merupakan investasi yang sangat menguntungkan kita. Inilah kecerdasan finansial.

HARUS MEMBERI TERLEBIH DAHULU
Kapanpun anda merasa kekurangan atau membutuhkan sesuatu, berikanlah dahulu apa yang anda inginkan dan itu akan kembali  pada anda dengan berlimpah-limpah. Robert percaya pada prinsip timbal balik.  Robert memberikan apa yang dia inginkan. Jika Robert menginginkan uang, maka dia akan memberikan uang, dan uang itu akan kembali dengan berlipat ganda.  Jika ingin meningkatkan penjualan, dia membantu orang lain menjual  sesuatu, dan penjualan pun mendatangi robert. Ketika robert memberi itu selalu kembali. Ayah robert yang kaya selalu mengatakan, “Jika kamu menginginkan sesuatu, kamu harus memberi terlebih dahulu”

________________________________________________________________________

ROBERT T. KIYOSAKI, lahir di Hawaii. Dia merupakan keturunan Amerika- Jepang. Sekembali dari perang Vietnam, dia merintis bisnis dompet yang terbuat dari nilon dan berlapis Velcro, yang berkembang jadi produk bernilai jutaan dollar yang mendunia. Dia pernah tampil di majalah Success Magazine, Newsweek dan lain-lain. Dia pensiun di umur 47 tahun dan mulai berbisnis investasi. Dia menciptakan papan permainan CASHFLOW, yang mengajarkan permaian uang, yang sebelumnya hanya dikenal orang kaya.Sebagai pembicara ia disejajarkan dengan ZIG ZIGLAR juga ANTHONY ROBBINS. Bukunya “IF YOU WANT TO BE RICH AND HAPPY…DON’T GO TO SCHOOL?” serta yang fenomenal ”RICH DAD, POOR DAD”menjadi Buku Best Seller Internasional

_________________________________________________

Tulisan ini dikutip dari buku, “RICH DAD, POOR DAD”, karya Robert T. Kiyosaki, penerbit; Gramedia Pustaka Utama, 2004.
------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Info artikel menarik lain silahkan baca Kisah Sukses Indra Utama.


NB :
Jika anda butuh info workshop belajar menjadi investor properti sampai mahir yang kebetulan di pandu oleh mentor bapak Joe Hartanto, anda bisa mendaftar atau melihat jadwal workshop terdekat di www.propertycashmachine.com.

Untuk yang ingin belajar investasi properti secara online silahkan mendaftar di www.propertycashmachine.com/e-learning.

-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika anda berminat dengan waralaba masakan Jepang Okonomiyaki & Takoyaki silahkan pelajari info lengkapnya DISINI.

0 komentar:

Posting Komentar