8 Cara Untuk Mengetahui Harga Properti Yang Hendak Kita Beli

Ada 8 cara untukmengetahui harga properti yang mau kita beli, sehingga dapat memudahkan kita dalam menawarnya. Ini merupakan beberapa cara umum yang bisa dikombinasikan dengan kondisi di tiap daerah. Beberapa cara mungkin hanya tepat di gunakan di daerah tertentu saja, dan tidak berlaku buat daerah yang lain.

Ini Propertiku

Berikut 8 cara untuk mengetahui harga property yang hendak kita beli :
1). Survei sendiri melalui website / Internet
Cara ini cara paling cepat dan cukup murah. Namun ketersediaannya tergantung dari negara, kota, pemerintah atau sumber informasi online yang ada buat daerah tersebut. Silahkan ketik saja di google, Yahoo, atau MSN dengan beberapa kata kunci, seperti “Rumah Murah”, “Harga Jual Rumah” dan sejenisnya. Namun biasanya harga yang terncantum di sana adalah harga permintaan (harga emosi) dan bukan harga reproduksi atau harga transaksi. Untuk mengetahui harga transaksi, apalagi transaksi yang terjadi belakangan, maka sumber yang terbaik masih tetap agen properti atau lembaga pemerintah yang memberikan informasi tentang harga transaksi properti.

2). Survei dengan Independent Appraiser
Cara ini dilakukan biasanya bila ingin menjual properti tersebut. Si penjual biasanya akan melakukan penawaran berdasarkan hasil appraisal / valuation yang di lakukan oleh appraiser. Meski harga ini ditentukan oleh appraiser berdasarkan kriteria-kriteria tertentu, namun pada umumnya, harga ini adalah harga yang bisa di terima oleh pihak pembeli maupun penjual sebagai patokan harga. Biasanya tergantung penjual apakah akan menjual di bawah harga valuation atau mau menjual di atasnya, ini bisa tergantung dari kondisi pasar juga. Dalam situasi di mana permintaan banyak dan supply sedikit, biasanya penjual akan menjual propertinya dengan harga di atas harga valuation. Sedangkan dalam situasi di mana supply banyak tetapi demand sedikit , maka harga jual bisa di bawah harga valuation.

3). Mencari Info dari Agen Properti / Broker
Bertemanlah dengan Agen Properti, karena mereka adalah sahabat anda dalam berinvestasi properti. Agen Properti merupakan salah satu tempat untuk mengetahui harga transaksi yang terjadi di daerah tententu, dan harga transaksi yang bisa di peroleh adalah harga transaksi terakhir atau up to date.

4). Melihat Catatan Transaksi dari Pemerintah Setempat / Instansi terkait
Biasanya pemerintah setempat mempunyai catatan transaksi properti yang terjadi di daerahnya, sebagai laporan. Oleh karena itu bisa mencari informasi di mana atau bagian mana pemerintah setempat yang mencatat transaksi yang terjadi di daerah tersebut.
Pemerintah setempat / Instansi terkait meliputi : Kantor Kecamatan, Balai Lelang, Kantor Notaris, BPN, Bank.

5). Tanya tetangga sekitar
Cara ini mungkin lebih tepat kalau kita pas melakukan survei lapangan untuk melihat properti yang akan di jual dan kebetulan di situ ada orang yang bisa di tanyai mengenai harga properti di daerah tersebut. Kalau dalam satu kompleks biasanya ada beberapa rumah yang dijual, nah bisa juga membandingkan dengan harga properti yang di jual bersamaan ini.

6).Iklan Koran Lokal
Mungkin sampai dengan hari ini Koran lokal masih sangat efektif untuk mencari property-properti yang di jual dengan harga murah. Anda jangan salah beli, pastikan Koran lokal yang anda beli karena targetnya lebih terfokus untuk wilayah sekitar anda.

7).Iklan yang sengaja anda pasang
Anda bisa mengiklankan diri sebagai investor property dengan dana tidak terbatas, sehingga jika ada orang yang ingin menjual property akan tertarik menjual kepada anda.

8).Kartu Nama
Kartu nama juga merupakan cara yang efektif. Bisa anda coba, karena orang akan menjadi lebih percaya dengan anda karena anda berarti serius untuk menekuni bidang property ini.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Untuk info artikel properti menarik lain silahkan baca 6 Kriteria Properti Yang Layak Investasi.

Anda butuh info workshop belajar menjadi investor properti sampai mahir yang kebetulan di pandu oleh mentor bapak Joe Hartanto, anda bisa mendaftar atau melihat jadwal workshop terdekat di www.propertycashmachine.com.

Untuk yang ingin belajar investasi properti secara online silahkan mendaftar di www.propertycashmachine.com/e-learning.

----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Jika anda berminat dengan waralaba masakan Jepang Okonomiyaki & Takoyaki silahkan pelajari info lengkapnya DISINI.

2 komentar:

  • Blog says:
    3 Mei 2013 pukul 03.27

    makasih mas atas tips yang diberikan lagi belajar bisnis properti Margahayuland

  • Unknown says:
    15 Juli 2014 pukul 00.54

    thanks gan artikelnya , jadi tau harga" property nya hehe rumah dijual

Posting Komentar